Sunday, October 21, 2012

Riana Bismarak, lepas jabatan Direktur demi Bisnis Online Shop

Wanita ini dulunya adalah Coorperate Director sebuah waterpark terkenal di Indonesia . Dia kemudian rela melepas jabatannya itu untuk membangun bisnis online shop dengan nama unik, BelowCepek.

Riana Bismarak itulah namanya. Riana yang kelahiran 5 Juli 1976 itu berhenti dari pekerjaannya sebagai Coorpertae Director Waterbom Bali dan Jakarta . Dia memilih mengejar passionnya untuk melakukan suatu pekerjaan yang memang disukainya yaitu shopping. "Saya suka makan, kecantikan dan shopping. Kalau makan, malas masaknya. Kalau buat salon, saya nggak bisa make-up, ngeblow sendiri saja nggak bisa, nanti tergantung dengan stylist. Terakhir shopping. Kalau shopping sendiri masih bisa," cerita Riana saat berbincang dengan wolipop Senin (1/10/2012).


Wanita lulusan sekolah perhotelan itu pun kemudian membuat situs online shop belowcepek.com. Awalnya situs tersebut dikelolanya sembari dirinya bekerja di Waterbom. "Saya pikir baru akan resign tahun depan. Tapi kemudian dalam lima bulan kami punya 10 ribu member (di Facebook), ya sudah saya resign," tutur Riana yang memang tidak mau main-main ketika membangun bisnis online shop.


Belowcepek resmi diluncurkan pada 24 November 2011. Situs online shop itu dibuat dengan konsep bagaimana memasarkan produk asli buatan anak negeri ke seluruh Indonesia . Konsep tersebut digagasnya karena melihat sekarang ini rata-rata online shop menjual produk-produk dari China , Korea , Bangkok dan Hong Kong .


Riana kemudian melakukan survei ke sejumlah mal untuk melihat bagaimana produk busana lokal buatan anak negeri. Dari risetnya tersebut, diketahui busana-busana hasil karya desainer muda Indonesia rata-rata harganya cukup mahal mulai dari Rp 350-450 ribu. Sementara tidak semua wanita bisa membeli dengan harga tersebut, padahal mereka ingin tampil fashionable.


"Akhirnya keluar angka Rp 100 ribu. Paling mahal di BelowCepek Rp 99 ribu," jelas wanita yang dulu juga suka berbelanja di online shop internasional itu.


Selain harga yang semuanya di bawah Rp 100 ribu dan produksi Indonesia , keunikan lainnya dari BelowCepek adalah penggunaan model di situs tersebut. Jika kebanyakan online shop memakai model asing untuk membuat produknya tampak lebih menarik, Riana justru menggunakan model wanita Indonesia .


"Saya lihat model asing tinggi 180 cm, berapa banyak wanita Indonesia tingginya segitu. Kalau dipakai model bule bajunya mini, dipakai kita kebesaran," ujarnya. Alasan-alasan itulah yang membuat Riana memilih memakai wanita Indonesia pada umumnya sebagai model. Dia ingin pembeli merasa tidak tertipu usai membeli busana di online shopnya.


Dengan bantuan dari media, belum sampai setahun bisnis Riana berkembang. Penjualan semakin bertambah juga karena pemasangan iklan di Google. Saat ini di Facebook, BelowCepek sudah memiliki 10 ribu anggota. Setiap bulannya, situs tersebut juga mengirimkan lebih dari 300 pieces ke pembeli setiap bulannya.


Yang membuat Riana semakin bangga, tujuannya membuat online shop untuk seluruh wanita Indonesia perlahan mulai tercapai. Saat ini pihaknya sudah melakukan pengiriman produk hingga ke Papua. Selain Jakarta dan Papua, wilayah lainnya yang juga pernah membeli barang di BelowCepek di antaranya Surabaya , Medan , Batam, Balikpapan dan Pare-pare. (eny/rma)

ditulis oleh Eny Kartikawati
Link: Wolipop

0 comments:

Post a Comment