Wednesday, October 17, 2012

Zong Qinghou si raja minuman

Di tengah penurunan jumlah kekayaan miliarder di China untuk pertama kali dalam tujuh tahun terakhir, chairman sekaligus pendiri perusahaan minuman Wahaha Group, Zong Qinghou, justru berhasil menjadi orang terkaya di Negeri Panda versi Hurun Report.

Zong yang kini berusia 67 tahun tersebut memiliki kekayaan sebesar 80 miliar yuan (USD12,6 miliar) atau naik dari USD10,7 miliar pada tahun lalu. Kekayaan tersebut membawanya ke posisi teratas daftar orang kaya di China menggeser Liang Wengen, pemilik bisnis permesinan, Sany. Co founder Sany Heavy Industries itu memiliki kekayaan sebesar 46 miliar yuan. Kekayaan Zong diperoleh setelah perusahaannya membukukan penjualan 23 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada 2011 lalu.

Kenaikan penjualan produsen minuman ketiga terbesar Negeri Panda tersebut juga, secara otomatis mendorong peningkatan jumlah aset pribadi Zong sebesar 12 miliar yuan. Untuk mempertahankan kesuksesannya di Wahaha, Zong mengaku sedang mempertimbangkan akuisisi global guna membangun jaringan distribusi di luar negeri. Dia membidik pasar ekspor karena menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi Beijing melambat serta maraknya persaingan di negara tersebut.

Menurut Chairman Bidang Bisnis Internasional Wahaha, Kelly Zong, perusahaan kini tengah bekerja sama dengan bank-bank investasi untuk mengidentifikasi tawaran mengenai usaha makanan dan minuman di Eropa dan Australia . Sekadar informasi, Wahaha mendapatkan keuntungan dari dekade pertumbuhan ekonomi yang pesat di China , sehingga perusahaan tersebut memiliki sekira 60 pabrik di 29 provinsi di China .

"Zong telah membuat dirinya miliarder dengan tinggal di industri yang tepat, memosisikan Wahaha dengan baik sehingga pada akhirnya merebut peluang pertumbuhan di kota-kota China yang lebih kecil," ujar analis Capital Securities Corp Shanghai Zhang Lu, dilansir Morningwhistle.com.

Dia menambahkan, mengingat fakta bahwa Wahaha sudah menjadi merek terkenal di dalam negeri,cara Zong membeberkan jumlah saham dan kekayaannya akan membantu meningkatkan profil global baik untuk Wahaha maupun untuk pemiliknya.

Tahun lalu Wahaha berencana membuka 100 butik di pusat perbelanjaan dalam tiga sampai lima tahun mendatang. Adapun lokasinya, selain Hangzhou di China Timur, beberapa kota juga tengah dipertimbangkan. Wahaha juga sedang memikirkan mode operasi yang akan dikombinasikan dari sewa dan bangunan sendiri. Namun, menurut Zong, rencana tersebut bukan investasi dalam bidang real estate komersial, melainkan sebagai jalan keluar dari eksploitasi para peritel manufaktur sehingga dengan membuka toko sendiri dia bisa mengendalikan ritel.

Dalam daftar orang terkaya versi Hurun Report, di peringkat kedua miliarder terkaya China terdapat chairmansekaligus Presiden Direktur Dalian Wanda Group, Wang Jianlin. Kekayaan pribadinya meningkat 44 persen menjadi USD10,3 miliar pada tahun lalu. Pada awal September tahun lalu, Wang mengejutkan industri hiburan dengan perolehan keuntungan sebesar USD2,6 miliar dari akuisisi jaringan bioskop terbesar asal Amerika Serikat (AS), AMC Entertainment.


Meski begitu, bisnis inti Wanda tetap pada properti, terutama pusat perbelanjaan yang pada tahun lalu memiliki omzet sebesar USD16 miliar. Di peringkat ketiga adalah pendiri dan chief executive officer (CEO) perusahaan pencarian internet China Baidu, Robin Li, dengan memiliki kekayaan 51 miliar yuan (USD8 miliar).

Sebelumnya Li juga dinobatkan menjadi orang nomor satu sebagai CEO terbaik 2012 versi Forbes China . Pada posisi keempat ditempati oleh Yan Bin,yakni pendiri Reignwood Group, dengan kekayaan sebesar USD7,9 miliar. Yan memegang hak cipta minuman energi Red Bull di China, serta memiliki investasi dalam bidang properti tahun ini sebesar USD200 juta di London

ditulis oleh
Link: Okezone

0 comments:

Post a Comment